control my self

Posted by bilal Senin, 04 Agustus 2014 0 komentar


"Cortrol my self"
Writer: muhammad ali
Ambon, 5 Agustus 2014.
Jam; 12:05 dini hari
berkali-kali saya coba untuk menulis, berkali-kali pula saya akhirnya mengakhirinya dengan men-delete tulisan itu dengan sangat sepihak. entah mengapa kemampuan menulis saya menurun, saya sudah tak mudah menari dengan tulisan dengan mudah. mungkin kalau boleh mengira-ngira kemampuan saya menurun karena tidak seperti dulu lagi saya mengasah tulisan seperti biasanya. saya sudah jarang menulis. paling tinggi saya hanya bisa menulis satu artikel-satu halaman full muka-belakang, itupun dalam tiga sampai kempat hari saya menyelesaikannya. saya memang parah sekarang ini:) sudah tak seperti dahulu dimana saya bisa menulis dengan judul berbeda-beda.




Ilmu terapan.

dan saya pun sadar, bahwa menulis adalah ilmu terapan. ilmu yang sekali-kali ia akan menghilang dari diri orang yang jarang menggunakannya. ilmu terapan akan musnah dan tak lagi membumi bila ia sering dilupakan dan tak digunakan oleh sang pemiliknya. maka hal itupun yang saya rasakan malam ini. saat diluar rumah angin seolah mengamuk,  saya tak mampu menulis dengan baik. saat orang-orang terlelap dengan sangat nyenyak__saya mulai membenah diri membuat membiasakan kebiasaan saya yang dalam kurun beberapa bulan ini sudah saya tinggalkan, saya kembali menulis. mulai belajar dan mencoba menulis lagi.

seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa menulis adalah salah satu dari sekian banyak ilmu terapan yang dimiliki oleh manusia. dan setiap ilmu terapan pasti akan musnah dan habis. tinggal bagaimana manusia itu menarasikan setiap potensi dirinya yang hari ini masih tersisa atau sedang menggebu-gebu itu dibagi semaksimal mungkin pada banyak orang. karena dengan itu nampaknya ilmu terapan di dunia ini akan bisa bertahan, setidaknya demikian. Ali bin Abu talib, saudara kangjeng nabi Muhammad pernah berkata:

"ilmu akan bertambah dan terjaga bila ia menulis dan berbagi"

namun, bagaimana bila kemampuan menulis sudah menurun? bukankah setiap manusia akan mengalami masa lelap, masa dimana otak manusia mengalami kemandekkan karena beragam faktor yang melatarbelakangi manusia menjadi mahkluk renta dan rapuh?. .. oh, nampaknya untuk penjalasan yang satu ini akan saya kesampingkan terlebih dahulu. 

mari saya ajak kita semua melayang untuk mulai sadar akan dunia dokumentasi. dunia yang nampak sangat sepele. tapi cobalah sedikit sadar lewat dokumentasi baik itu tulisan, gambar, vidio, dan film; akan membawa sebuah wacana dimasa mendatang tentang masa kita kini. saya tidak menyuruh anda-anda sekalian bergulat dengan ketidak mampuan anda. tapi saya hanya ingin membandingkan bahwa sehebat apapaun seseorang pasti akan mati [setidkanya demikian] dan budaya domunetasi akan terus berlanjut.

kita kembali berbicara soal mentok menulis atau blocknote. hal yang sekarang saya alami [malam ini] bisa menimpa siapa saja, bahkan mungkin pula penulis sekaliber profesional sekalipun. tapi jangan bersedih hati, toh seperti terory yang sudah kita bicarakan__bila kemmapuan menulis tiba-tiba bisa menghilang tanpa mantra, maka kemampuan menulispun bisa bangkit bila kita asah ia dengan baik. seperti itulah teory yang saya yakini. ilmu terapan bisa datang dan pergi, maka ia pun bisa pergi dan datang. 

mulai menulis hal-hal kecil.

untuk sekarang ini, saya mulia mencoba menulis hal-hal kecil lagi. mulai berlatih sepertihalnya seorang petapa yang kembali belajar dari gurunya di atas bukit. atau seperti seorang snaiper yang kembali berburu di hutan liar. maka saya mulai menari dengan kata yang mungkin saja terbaca sangat basi. tapi saya tak perduli dengan semua itu. toh saya menulis bukan untuk yang menghina atau yang bingun saya menulis apa. saya menulis untuk menyembuhkan. itu saja. Untuk meraih control diri [Control my self], karena hanya saya yang dapan mengendalikan diri saya sendiri.

Allah tak akan mengubah nabis satu kaum, selama ia sendiri tidak mengubah dirinya sendiri[]
 

0 komentar:

Posting Komentar