25 april 2012: selamat tinggal RMS

Posted by bilal Kamis, 26 April 2012 0 komentar
ada yang beda dengan tanggal 25 april kali ini. setidaknya sudah nggak terdengar lagi masyarakat ambon ngangkat bendera RMS [republik maluku selatan] yang diberitakan koran-koran. saya senang dengan kondisi ini. saya termasuk orang yang antiRMS dari awal saya mengenyam pendidikan, apa lagi semenjak saya masuk kelas sejarah di unpatti. ada rasa ingin mengatakan bahwa ambon dan maluku pada umum-nya emang menolak pendirian negara diatas negara. di dunia ini mungkin vatikan yang berani mendirikan negaranya diatas negara orang lain. hal senada juga bisa kita liat pada negara semacam israel, yang menjarah dan kongkalikong dengan PBB yang menghasilkan: mereka bebas mendirikan negara israel di tanah orang palestine.

bagaimana dengan maluku?. 

nggak mungkinlah maluku mau merdeka! kan banyak orang maluku yang sekarang banyak yang menjadi PNS. masak udah hidup enak dengan menjadi PNS, yang tiap bulannya tinggal terima uang lewat ATM, nggak capek-capek lagi berkeringat karna ruangan kerja udah full ac, mau mendirikan negara sih!. hidup bagai di surga, dan sekarang ada yang mau berencana mendirikan negara. nggak mungkin terjadi. man.

RMS: hanya sekedar bunga tidur [mimpi yang tak terwujud]

dari duluh kala saat anak emas belanda [maluku] memproklamasikan kemerdekaan RMS yang diumumkan pada 24 April 1950, tiga hari berikutnya RIS mengirimkan delegasi putra maluku sendiri yaitu: Dr. Leimena, Ir. Putuhena, Polhaupessy, dan Dr. Rehatta, buat menyadarkan Soumokil [pentolan RMS] yang besar-nya di  pulau jawa untuk kembali kepelukan indonesia, malah ditolak. cara diplomasi dengan ngomong baik-baik ditolak. yah udah, 14 Juli 1950 pasukan APRIS mulai mendarat di Pulau Buru, buat numpasin jerawat, etss salah RMS. hasilnya: 1962 Mr. Soumokil dapat ditangkap dan diajukan ke pengadilan, ia divonis hukuman mati.

so, RMS itu hanya sekedar bunga tidur doang, bukan kenyataan! dan kalau pun ada yang masih berani mengatakan maluku freedom, saya anggap hal itu macam jerawat yang tumbuh diwajah indonesia. kita perlu membersihkan jerawat itu agar wajah kita yang cakep ini bisa makin oke bila di lihat. and nggak lupa, menghindari hal-hal yang bisa numbuhin jerawat timbil kembali.


selamat hari bebas RMS: 25 april 2012.
dari warnet depan masjid alfatah ambon.

0 komentar:

Posting Komentar